Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkot Balikpapan Serahkan 4.094 Linmas Pengamanan Pemilu 2024 ke Polresta Balikpapan


BALIKPAPAN, Bertempat di Stadion Batakan Balikpapan, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan secara resmi menyerahkan 4.094 petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) Pengamanan Pemilu 2024 kepada Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi III DPR RI, Ketua DPRD Kaltim, Kepala Satpol Kaltim, Walikota Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan, Kapolresta Balikpapan, Perwakilan Lanal Balikpapan dan Lanud Dhomber Balikpapan serta PJU dan Kapolsek jajaran Polresta Balikpapan serta sejumlah SKPD Kota Balikapan.

Nantinya, ribuan petugas Linmas yang diserahkan ini akan berada di Bawah Kendali Operasional (BKO) dalam melaksanakan seluruh tahapan Pemilu 2024.

Saat ditemui usai kegiatan, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan peran Linmas dalam Pemilu 2024 ini sangat penting, pasalnya Linmas akan betul-betul mengamankan tahapan pemungutan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Personel Linmas ini juga mendapatkan jaminan kesehatan BPJS Ketenagakerjaan, ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian kita kepada Linmas di Kota Balikpapan,” tandasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolresta Balikpapan, KBP Anton Firmanto mengatakan bahwa 4.094 petugas Linmas ini akan disebar untuk melaksanakan pengamanan di 2.047 TPS yang ada di Kota Balikpapan.

“Dalam pelaksanaannya pola pengamanan ini disesuaikan dengan wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Tambah Kapolresta, nanti dalam pelaksanaan tugas, para petugas Linmas ini akan diberikan arahan-arahan oleh para Kapolsek di masing-masing wilayah terkait bagaimana tugas dan mereka saat pengamanan TPS.

“Para petugas Linmas ini akan dipersiapkan dalam tahapan distribusi logistik pemilu dari PPS ke TPS, sampai dengan penghintungan suara dan pergeseran hasil penghitungan suara ke PPS,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha meminta kepada personel Linmas untuk tetap menjaga netralitas saat melakukan tugas pengamanan di TPS, selain petugas Linmas juga mendapatkan hak untuk memilih saat pemungutan suara.

“Untuk itu, mulai sekarang kami meminta kepada seluruh personel Linmas untuk tetap menjaga Kesehatan, pasalnya Linmas akan melaksanakan tugas jaga dan mulai TPS berdiri hingga selesai penghitungan suara di TPS,” tutupnya.