Ticker

6/recent/ticker-posts

Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan BRI Liga 1 Antara PSM dan Persita, Ini Arahan Kapolresta Balikpapan


BALIKPAPAN, Ratusan personel Polresta Balikpapan ikuti apel kesiapan pengamanan pertandingan BRI Liga 1 antara PSM Makassar dan Persita Tangerang di Stadion Batakan, Balikpapan Timur, Minggu (4/2/2024).


Apel yang dilaksanakan di area pintu masuk Barat ini langsung dipimpin oleh Kapolresta Balikpapan KBP Anton Firmanto dan dihadiri oleh Wakapolresta Balikpapan AKBP Hendrik Eka Bahalwan dan Pejabat Utama Polresta Balikpapan serta para Kapolsek jajaran.


Dalam arahannya, Kapolresta Balikpapan, KBP Anton Firmanto mengatakan bahwa sistem pengamanan pertandingan sepakbola ini sama dengan apa yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 


"Namun pertandingan Liga 1 eskalasinya lebih meningkat dari Liga 2, untuk itu harus dipahami dan diamankan dengan benar," jelasnya Kapolresta Balikpapan. 


Lanjutnya, untuk kekuatan personel yang bertugas harus menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada di Stadion Batakan.


Kapolresta Balikpapan juga mengingatkan terkait lokasi parkir kendaraan, yang mana untuk parkir kendaraan sepeda motor berada di area parkir lantai 2, namun hanya dibatasi yakni sebanyak 500 kendaraan. 


"Jangan lupa cek setiap kendaraab penonton yang masuk ke area parkir stadion dan disiagakan Unit K-9 Ditsamapta Polda Kaltim," tegas Kapolresta. 


Kapolresta Balikpapan mengingatkan kepada petugas yang berada di area masuk stadion untuk menghimbau kepada penonton tim tamu dalam hal ini Persita Tangerang, untuk tidak memakai kaos maupun atribut. 


"Ini sudah sesuai dengan aturan pertandingan Liga 1," jelasnya. 


Untuk diketahui, dalam pertandingan antara PSM Makassar dan Persita Tangerang ada tujuh pintu Stadion Batakan yang dibuka untuk akses masuk penonton. 


"Petugas yang berjaga di setiap pintu masuk agar melaksanakan penjagaan dan pengencekan setiap barang bawaan yang dibawa penonton, apabila ada penonton yang membawa senjata tajam atau benda berbahaya lainnya segera amankan," tegas Kapolresta. 


Kapolresta juga meminta kepada personel yang bertugas jaga di pintu masuk untuk standby di lokasi pintu masing-masing. 


"Dan 15 menit sebelum pertandingan selesai petugas sudah di pintu masing-masing," lanjutnya.


Diakhir arahannya, Kapolresta Balikpapan menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api. 


"Setelah apel silahkan langsung menempati plotingan masing-masing, mari kita pahami bersama tugas pengamanan ini, apabila ada hal menonjol langsung laporkan secara berjenjang," tandasnya


Untuk diketahui, dalam pengamanan pertandingan ini, Polresta Balikpapan menurunkan setidaknya 350 personel pengamanan dengan dibantu personel dari Ditsamapta dan Satbrimob Polda Kaltim.